Seputar KBS Drama Awards

Entah kenapa, akhir-akhir ini aku seneng banget nonton award show Korea. Khususnya acara tahunan yang bertajuk 연기대상 (baca: Yonggidaesang), atau yang biasa disebut Drama Awards. Mulai dari KBS, MBC, hingga SBS Drama Awards sejak 2010, semuanya sudah kunonton berulang kali tanpa rasa bosan yang berarti. (Maksudnyaa? xD)

Alasannya? Mungkin salah satunya karena semua insan drama Korea yang tayang sepanjang satu tahun itu berkumpul dalam satu acara yang cuma setahun sekali itu. Selain itu, yang jadi MC atau pembawa acara tiap tahunnya juga berbeda, dan merupakan aktor/aktris yang saat itu masih baru atau tengah populer. Dan pastinya, opening performance dan para bintang tamu yang seru bin menghibur. ^^

KBS Drama Awards ini sebenarnya sudah digelar sejak tahun 1987 setiap malam pergantian tahun (31 Desember). Tapi kali ini aku cuma pengen bahas tentang show award ini sejak tahun 2010 yang sudah aku tonton. (Dibawah tahun 2010 sebenarnya juga seru sih tapi udah lumayan jadul. Jadi males aja gitu nontonnya. xD).


2010

Image result for 2012 kbs drama awards


Mulai dari KBS Drama Awards pada tahun 2010 lalu menghadirkan 3 MC, Choi Soo-jong, Lee Da-hae dan Song Joong-ki (yang saat itu populer dengan dramanya Sungkyunkwan Scandal). Drama tersebut juga cukup banyak mendapat penghargaan, termasuk Best Couple Park Yoo-chun dan Park Min-young, serta namnam couple Song Joong-ki dan Yoo Ah-in. xD (Haha, ternyata Joongki dan Yoo Ah-in dulu juga pernah jadi best couple, sebelum hadirnya Song Hye-kyo diantara mereka. Wkwk..) Selain itu Joong-ki juga menjadi satu-satunya yang meraih Popularity Awards.



Oh ya, selain Sungkyunkwan Scandal, drama lainnya yang castnya mendapat cukup banyak nominasi dan penghargaan adalah Bread, Love and Dream, atau judul aslinya Jeppangwang Kim Tak Gu. Mulai dari Yoon Shi-yoon, Eugene, Oh Jae-moo (Takgu kecil), serta jagganim alias penulis skenarionya. Sayangnya, Joo-won yang saat itu masuk nominasi nggak menang. Mungkin karena masih baru, karena merupakan drama pertamanya juga. (karakternya jahat tapi nggak tahu kenapa aku mulai ngefans sama dia sejak di drama itu xD) Selain dapat trophy ada juga performance para castnya memainkan alat musik sejenis perkusi yang dipukul dengan kayu.
 KBS drama awards 2010 ini terbagi menjadi 3 part. Opening part 1 dibuka dengan pengenalan para couple drama serta MC. Opening part 2 dibuka dengan penampilan para cast Bread Love and Dream memainkan perkusi (Yoon Shi-yoon, Lee Young-ah, Joo-won dan Eugene). Dan opening part 3 dibuka dengan penampilan grup JYJ yang menyanyikan lagu Chajatta (Ost. Sungkyunkwan Scandal), yang salah satu personilnya juga merupakan salah satu peran utama di drama tersebut, Park Yoo-chun.


2011




Setahun berikutnya, yakni KBS Drama Awards 2011 juga tak kalah serunya. Menghadirkan tiga MC; Jun Hyun-moo, Han Hye-jin, serta Joo-won, yang saat itu populer berkat drama terbarunya yang tayang sepanjang tahun 2011, Ojagkyo Brothers. Selain itu, ada juga drama lainnya yang castnya masuk nominasi seperti Dream High 1, Baby Faced Beauty, The Princess Man, dll.

Sama seperti tahun sebelumnya, KBS drama awards 2011 ini juga terbagi menjadi 3 part. Opening part 1 dibuka dengan penampilan boyband 2PM dengan lagunya yang sedang hits saat itu; Hands Up, dan IU dengan lagunya yang berjudul Good Day. Opening part 2 dibuka dengan penampilan Ost. The Princess Man, dramanya Park Shi-hoo dan Moon Chae-won. Dan part 3 dibuka dengan penampilan Kim Soo-hyun dengan lagunya Dreaming, salah satu Ost. Dream High (yang so sweetnya, pada saat pertengahan lagu ia turun dari panggung dan berjalan menghampiri Suzy, lalu memberikan sebuket bunga yang sejak awal disembunyikannya dibalik punggung. *ewwbaperr,-)



Image result for kbs drama awards


Selain itu, mereka juga dapat Best Couple di acara ini. Kim Soo-hyun juga meraih Popularity Award bersama Lee Jang-woo dan Joo-won (yang pemenangnya dibacakan oleh Song Joong-ki), serta Best New Actor bersama Park Shi-hoo.


2012

Image result for 2012 kbs drama awards


Lanjut ke KBS Drama Awards 2012, yang kembali menghadirkan tiga MC, yang salah satunya tengah populer berkat aktingnya sebagai siswa berandalan di drama School 2013, Lee Jong-suk. (aku juga baru ngeh kalau ternyata dia yang jadi salah satu MCnya. xD).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, award show kali ini juga bertabur bintang yang dramanya tayang sepanjang tahun 2012 itu. Sebut saja para cast dari Dream High 2, The Innocent Man, Bridal Mask, School 2013, Big, juga drama-drama lainnya yang tayang sepanjang tahun 2013 itu.

Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, KBS drama awards kali ini hanya terbagi menjadi 2 part saja. Opening part awal dibuka dengan penampilan mengesankan dari lagu Ost. Bridal Mask, yang dinyanyikan juga oleh peran utamanya, Joo-won. Kenapa aku bilang mengesankan? Karena lagu ini mempunyai nada yang cukup tinggi, namun Joo-won berhasil menyanyikannya dengan suara lantang dan mulus. :’D Dan opening part akhir dibuka dengan penampilan menegangkan dari para cast dari IRIS 2, drama terbaru yang akan tayang pada awal tahun 2013. Kenapa menegangkan? Karena mereka melakukan adegan action diatas panggung nyaris seperti akting mereka di drama tersebut.

 
Netizen Award diraih oleh Song Joong-ki, sementara penghargaan Inkisang, atau yang biasa disebut dengan Popularity Awards (pilihan pemirsa melalui voting web) diraih oleh Joo-won dan Suzy. Setelah itu, mereka berdua kembali ke panggung (dengan bergandengan dan sedikit tertawa karena baru saja sama-sama menerima trophy Inkisang xD) untuk membacakan pemenang nominasi Best New Actor, yang diraih oleh Lee Hee-joon Dan Lee Jong-suk dari drama School 2013. Sayangnya, sahabat Jongsuk di drama itu (Kim Woo-bin) nggak masuk nominasi, huhu :(



Popularity Award kembali diraih oleh Joo-won berkat dramanya, Bridel Mask. Best Couple diraih oleh 4 pasangan dari masing-masing drama, salah satunya Song Joong-ki dan Moon Chae-won dari drama The Innocent Man. Selain itu, mereka juga masing-masing dapat award sebagai Best Actor & Actrees, serta Netizen Awards bersama Yoona. Wajar sih karena drama mereka emang sukses bikin baper para penontonnya. Melodrama yang nyaris berakhir sad ending karena peran Joongki sebagai Kang Ma-ru yang sekarat karena penyakitnya, dan setelah operasi mengalami amnesia. Namun happy ending karena saat ia kembali bertemu dengan Seo Eun-gi yang diperankan Moon Chae-won, ia memberikan cincin yang hendak ia berikan dulu, saat sebelum dirinya dioperasi. :’) (*eh kok jadi bahas dramanya gini sih? Maap2 >,<)


Image result for kbs drama awards

Ada yang unik disaat pengunguman nominasi Best Actor yang diraih oleh Song Joong-ki. Kenapa aku bilang unik? Karena aktor dan aktris yang keluar untuk membacakan pemenangnya adalah Moon Chae-won bersama Park Shi-hoo, yang tahun lalu juga merupakan Best Couple dari drama mereka, The Princess Man. (baca; mantan pasangan) Ketika Chae-won menyebut nama Joong-ki, sontak semua penonton berteriak karena tahun ini Joong-ki yang berpasangan dengan Chae-won, bukan Park Shi-hoo. xD


2013

Image result for kbs drama awards

Image result for mc kbs drama awards 2013

Selanjutnya di KBS Drama Awards 2013, kembali menghadirkan tiga MC yang salah satunya merupakan karakter tegas di drama Good Doctor, siapa lagi kalau bukan Joo Sang-wook. :D
Masih sama dengan tahun sebelumnya, award show ini terbagi menjadi 2 part. Opening part pertama dibuka langsung oleh pengenalan MC (tanpa performance), dan part terakhir dibuka dengan penampilan Joo-won dengan menyanyikan lagunya yang berjudul If I Were, yang juga merupakan salah satu Ost. Good Doctor. Setelah itu, MC wanita yang sebelumnya di part 1 diganti oleh Yoona. Dan pertengahan part 2 juga ada penampilan Ailee, menyanyikan Ost. Secret Love.


 

Best couple diraih oleh 5 orang pasangan. Pastinya ada Good Doctor couple, Joo-won & Moon Chae-won. (Ya, kali ini Chae-won berpasangan dengan Joo-won, bukan Joong-ki lagi.). Ada juga couple dari drama Secret Love Jisung & Hwang Jung-eum, serta Jo Jung-suk & IU, Lee Beom-soo & Yoona, Oh Ji-ho & Kim Hee-sun dari dramanya masing-masing.
Ada yang unik di award kali ini, yaitu pada saat penghargaan kategori Netizen Awards, yang diraih oleh Joo-won dan Hwang Jung-eum. Sementara pada kategori Popularity Award juga diraih oleh Jisung dan Moon Chae-won. Kan jadinya pasangan yang tertukar gituh, wkwk.. Best Actor dan Actrees pun diraih oleh Joo Sang-wook dan Moon Chae-won. (couple Good Doctor yang nggak jadi xD). Tapi meski kalah dari Joo Sang-wook karena nggak dapat Best Actor, Joo-won lumayan banyak dapat award di tahun itu, termasuk PD Awards, penghargaan dari para PD (Produser). Aktingnya sebagai seorang pria yang mengidap autis namun mampu menjadi seorang dokter spesialis bedah anak ternyata sukses juga. (bahas drama lagi -_-v)


2014

Image result for kbs drama awards


Tahun berikutnya, di KBS Drama Awards 2014. Menghadirkan tiga MC yang 2 diantaranya mewakili drama The King Face’s dan Healer, yakni Seo In-guk dan Park Min-young.
Seperti biasa kali ini masih dengan 2 part, yang openingnya sama-sama tanpa performance. Penampilan guest starnya dipindahkan ketengah-tengah part, yaitu pada saat Park Bo-gum bermain piano, mengiringi 4 artis lainnya yang bernyanyi

Penghargaan Inkisang diraih oleh Joo-won, yang berperan sebagai konduktor orchestra di drama Tomorrow Cantabile, dan Ji Chang-wook, yang berperan sebagai detektif canggih di drama Healer. Sayangnya Park Bo-gum nggak menang di nominasi Best New Actor Karena yang dapat award itu Seo In-guk dan Park Hyung-sik. Maklumlah, Bo-gum masih tergolong baru di dunia drama, karena sebelumnya dia dikenal sebagai host di program Music Bank.

 
Untuk Best Couplenya diraih oleh 5 pasangan, salah satunya berasal dari drama Healer, Park Min-young dan Ji Chang-wook.
Hmm.. Nggak banyak yang bisa aku ceritain sih, karena drama yang aku tonton pada tahun itu cuma Tomorrow Cantabile dan Healer. Kedua drama itupun tak banyak mendapat penghargaan, hanya Best Couple dan Inkisang saja.. :D

***

Kata gue :
Perasaan gue paling sering nyebut nama Joo-won yakk? Yup, karena sejak 2010 Joo-won seakan nggak pernah absen main drama di channel KBS. Mulai dari Bread Love and Dream (2010), Ojagkyo Brothers (2011), Bridal Mask (2012), Good Doctor (2013), serta Tomorrow Cantabile (2014).
Sejak tahun 2010 Joo-won pun cukup dapat banyak peran di award show tersebut baik sebagai MC, menyanyikan Ost. drama, hingga membaca nominasi.
Dan apakah di tahun 2015 kemarin dia ada juga? Nggak lagi. Karena drama yang menjadikannya tokoh utama ditahun kemaren itu Yong Pal, yang notabene tayang di channel SBS. Jadi dia hadirnya di SBS Drama Awards 2015.
Nama kedua yang sering gue sebut, kayaknya Moon Chae-won. Karena ditahun 2011 dia meraih Best Couple bersama Park Shi-hoo (The Princess Man), tahun 2012 bersama Song Joong-ki (The Innocent Man), dan tahun 2013 bersama Joo-won (Good Doctor). Tiga tahun berturut-turut dengan tiga pasangan yang berbeda cuy, daebakk! xD

Last! Yang aku ceritakan di sini adalah yang sesuai dengan apa yang kutonton. Jika ada yang tidak sesuai ya maap-maap aja ya, karena hampir semua Award Show itu subtitle English maupun Indonesianya belum tersedia di websub manapun. -_-"

Selanjutnya, tentang KBS Drama Awards 2015. Cek DI SINI yaa! ^^

0 Response to "Seputar KBS Drama Awards"

Post a Comment