Yang berkesan di 52nd Baeksang Arts Awards 2016


52nd Baeksang Arts Awards 2016, merupakan pagelaran tahunan yang digelar salah satu stasiun TV Korea dengan label JTBC ini telah digelar untuk yang ke 52 kalinya pada tanggal 3 Juni 2016 lalu. Setelah ditahun sebelumnya Joowon dan Kim Ah Jung menemani Shin Dong Yeop menjadi MC, pada tahun ini yang menemani Dong Yeop adalah seorang aktris cantik yang namanya mulai dikenal sejak memainkan peran Go Hye Mi dalam sebuah drama remaja yang berjudul Dream High season 1, Bae Suzy.

Dalam acara ini sederet aktor dan aktris terkenal di Korea dari kalangan drama ataupun film hadir baik yang masuk sebagai nominasi maupun yang menjadi pembaca nominasi. Sebut saja Yoo Ah-in, Park Bo-gum, Yook Sung-jae, Park Seo-joon, Seo In-guk, DO Kyung-soo, Hwang Jung-eum, Kim So-hyun, Park So-dam, dan pastinya “SongSongCouple”, Pasangan dari sebuah drama yang masih hits hingga saat ini. Merekalah Song Joong-ki dan Song Hye-kyo, serta masih banyak lagi insan drama dan film lainnya.

Shin Dong-yeop & Suzy

SongSongCouple xD

Song Joong-ki, Song Hye-kyo, Yoo Ah-in

D.O Kyung-soo (EXO) & Yook Sung-jae (BtoB)

Kalau dibandingkan dengan 51th Baeksang Arts Awards tahun 2015 lalu, menurutku Baeksang tahun ini kurang seru. Selain penataan panggungnya yang terkesan “sempit”, jangkauan kameranya terlihat seperti nggak luas, dan performancenya juga lebih sedikit, yaitu pada saat penampilan Kim Feel menyanyikan original soundtrack drama Reply 1988 di akhir part 1.

Soal tata panggung, menurutku Baeksang tahun lalu lebih menarik, karena tempat duduk para artis berada terpisah dengan bangku para produser, penulis, sutradara, serta para penonton lainnya. Sehingga para artis yang hadir lebih banyak terlihat.

Park Shin-hye & Krystal @ 51th Baeksang Arts Awards 2015
Jung Yong-hwa @ 51th Baeksang Arts Awards 2015

Tentang performance, artis yang nyanyi di akhir part 1 Baeksang 2015 lalu adalah Jung Yong Hwa, vokalis CnBlue menyanyikan lagu solonya yang berjudul One Fine Day, dengan background layar cuplikan adegan dari beberapa judul drama dan film yang masuk nominasi, yang ditutup dengan adegan kiss scene Lee Jong Suk dan Park Shin Hye di episode terakhir drama Pinocchio, yang kembali membuat histeris para penonton.

Lalu kemudian di awal part 2 juga ada Park Jin Young, yang bernyanyi hingga menghampiri para artis yang duduk menyaksikan. Dan yang membuat para penonton menjerit histeris itu pada saat Jinyoung sengaja berhenti menghentikan musiknya sejenak, lalu menghampiri dan menyalami tangan Lee Min Ho. Sontak Min Ho pun langsung berdiri dan bersalaman dengannya, lalu kemudian musik kembali dimainkan dan Jinyoung kembali bernyanyi hingga selesai.



Park Jin-young & Lee Min-ho @ 51th Baeksang Arts Awards 2015

Seperti biasanya, acara ini diawali dengan Red Carpet Ceremony, yang menampilkan para artis yang baru saja turun dari mobil dan berjalan menuju panggung kecil untuk difoto para wartawan. Setelah itu, dimulailah acara ini dengan beberapa cuplikan drama dan film disebuah layar raksasa yang terbagi 3.

Nominasi pertama yang dibacakan adalah Best New Actor, yang kategori drama dimenangkan oleh Ryu Jun-yeol dari drama Reply 1988, sedangkan dari kategori film diraih oleh Park Jung-min dari film Dongju : The Portrait of a Poet. Sementara itu Best New Actrees dimenangkan oleh Kim Go-eun dari drama Cheese In The Trap, dan Park So-dam dari film The Priests.

Lihat daftar pemenang selengkapnya di sini (sumber : soompi.com) :

Kategori Film :
Grand Award – Director Lee Joon Ik for “Dongju: The Portrait of a Poet” and for “Sado” (also known as “The Throne”)
Best Film – “Assassination”
Best Director – Ryu Seung Wan for “Veteran”
Best Actor – Lee Byung Hun for “Inside Men”
Best Actress – Jeon Do Yeon for “The Shameless”
Best Supporting Actor – Lee Kyung Young for “Minority Opinion” (also known as “The Unfair”)
Best Supporting Actress – Ra Mi Ran for “The Himalayas”
Best New Actor – Park Jung Min for “Dongju: The Portrait of a Poet”
Best New Actress – Park So Dam for “The Priests”
Best New Director – Han Jun Hwi for “Coin Locker Girl” (also known as “Chinatown”)
Best Screenplay – Ahn Gook Jin for “Alice in Earnestland”
Male Popularity Award – EXO’s D.O. for “Pure Love”
Female Popularity Award – miss A’s Suzy for “The Sound of a Flower”
Kategori TV (Drama & Variety) :
Grand Award – “Descendants of the Sun”
Best TV Drama – “Signal”
Best Entertainment Program – “King of Mask Singer”
Best Educational/Cultural Show – “Test”
Best Director – Shin Won Ho for “Reply 1988”
Best Actor – Yoo Ah In for “Six Flying Dragons”
Best Actress – Kim Hye Soo for “Signal”
Best New Actor – Ryu Jun Yeol for “Reply 1988″
Best New Actress – Kim Go Eun for “Cheese in the Trap”
Best Variety Star (Male) – Kim Gura for “My Little Television”
Best Variety Star (Female) – Kim Sook for “With You: The Greatest Love”
Best Screenplay – Kim Eun Hui for “Signal”
Male Popularity Award – Song Joong Ki
Female Popularity Award – Song Hye Kyo
Male Global Star Award – Song Joong Ki
Female Global Star Award – Song Hye Kyo
Awards lainnya :
InStyle’s Best Style Award – Park Bo Gum and miss A’s Suzy

***

Part yang "menurutku" paling seru dan berkesan di Baeksang Arts Awards 2016 ini, yakni pada saat pembacaan nominasi Popularity Awards Male and Female, alias aktor dan aktris terpopuler pilihan pemirsa melalui website untuk kategori drama.

Kenapa bagiku berkesan? Karena pembaca nominasi tersebut adalah Lee Jong-suk xD bersama seorang pria yang berbahasa China dengan seorang wanita yang berdiri dibelakangnya sebagai translator. Setelah secara bergantian mereka berbicara (yang aku sama sekali nggak ngerti artinya xD), akhirnya nama pemenangnya pun dibacakan.




“Song Joong Ki-ssi, Song Hye Kyo-ssi, chukkattidimida!” kata Lee Jong-suk, setelah pria disampingnya membacakan nama kedua pemenang tersebut dengan logat khas China.

Lalu kemudian, SongSongCouple pun bangkit dari kursi mereka dan naik panggung bersama menghampiri Lee Jong-suk dan pria China tadi. Setelah menerima bunga dan trophy, entah kenapa awalnya Joongki sempat bingung, hingga akhirnya Hyekyo yang lebih dulu mengucapkan terima kasih, lalu kemudian dilanjutkan Joongki yang berbicara.

Kalau SongSongCouple meraih Popularity Awards Male and Female untuk kategori drama, DO Kyung-soo dan Bae Suzy meraih trophy sebagai Popularity Awards Male and Female untuk kategori film.


Most Popularity Award Male & Female (Drama)

Most Popularity Award Male & Female (Film)

Selain itu part favoritku lainnya yakni pada saat Kim So-hyun dan Kim Min-suk (atau Kim Ki Beom, yang di episode awal Descendants Of The Sun jadi pencopet, di episode akhir naik pangkat jadi Sersan :D) membacakan Best Director yang dimenangkan oleh Shin Won-ho untuk drama Reply 1988.

Ada juga ketika Yoo Ah In mendapatkan award sebagai Best Actor, setelah menyingkirkan Song Joong-ki (DOTS), Joo Won (YongPal), Nam Goong-min (Remember), dan Jo Jin-woong (Signal) yang masuk nominasi. Saat sebelum Yoo Ah In naik ke atas panggung, ia berpelukan dengan Joongki & Hyekyo yang mengucapkan selamat padanya. xD


Bicara tentang Lee Jong-suk, di Baeksang Arts Awards tahun 2015 lalu ia meraih penghargaan sebagai Popularity Awards bersama Krystal di kategori drama, sedangkan dari kategori film diraih oleh TheHeirsCouple, alias Lee Min-ho dan Park Shin-hye.

Tapi sayangnya, Lee Jong-suk waktu itu nggak bisa hadir, jadi yang menerima trophy awards itu cuma Krystal, Lee Min-ho dan Park Shin-hye. Dan kali ini di Baeksang Awards 2016 Jong-suk hadir sebagai pembaca nominasi. Selain itu, Im Siwan yang juga mendapat award tahun lalu sebagai Best Actor dari drama Misaeng juga hadir sebagai pembaca nominasi Best New Actor & Actrees.

 

Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, Baeksang Arts Awards tahun ini memang nggak terlalu banyak yang berkesan. Bahkan drama Producer yang jelas-jelas tahun lalu ratingnya sangat tinggi, dengan para pemain yang terkenal seperti Chae Tae-hyun, Kim Soo-hyun, IU dan Gong Hyo-jin, serta 50 cameo, tapi satupun gak ada yang masuk nominasi baik artis, penulis, maupun directornya.
 Selain itu ada Nam Goong-min yang masuk nominasi Best Actor dari drama Remember, padahal peran utama di drama itu kan Yoo Seung-ho. Tapi perannya lumayan bagus juga sih, jadi anak bos, psikopat dan yang sifatnya paling nyebelin dan super ngeselin di drama itu. x)

 
Terlepas dari semua perbedaan itu, aku ucapkan selamat deh buat para pemenang yang mendapat bunga dan trophy penghargaan di Baeksang Arts Awards 2016 ini. Semoga tahun depan bisa lebih seru lagi, dan artis-artis yang hadir serta yang perform juga lebih banyak lagi, biar banyak yang berkesan lebih dari Baeksang Arts Awards di tahun-tahun sebelumnya.

0 Response to "Yang berkesan di 52nd Baeksang Arts Awards 2016"

Post a Comment